Dari Lembaran Pelepah Pisang jadi Lembaran Uang

Dari berbagai macam usaha di Tapelan ada sebuah usaha yang kami anggap menarik untuk dibahas yaitu pengumpul pelepah pisang. Sri  ( 35 Tahun ) adalah seorang wanita pengumpul pelepah pisang. Dia menceritakan hasil pelepah pisang yang dia kumpulkan mampu membantu menstabilkan keuangan keluarga. “ ya lumayan mbak, banyak yang punya hajatan bisa buat tambah-tambah nyumbang” begitulah ungkap istri Andi Sunardi.

Kesehariannya berkeliling kebun tetangga untuk mengumpulkan pohon pisang yang dibuang. Biasanya setelah pisang masak , pohonnya yang telah ditebang dibuang begitu saja. Dengan melihat banyaknya pohon pisang berserakan Sri memanfaatkan untuk dijadikan uang. Dengan mengelupasi pelepahnya selembar demi selembar Sri mengumpulkan menjadi satu.

Adapun manfaatnya pohon pisang bagi Sri adalah ketika selasai dikelupas utuh tanpa sobek atau pecah, kemudian dijemur beberapa hari hingga benar-benar kering. Setelah kering Sri menjualnya ke agen yang lebih besar. Proses penjemuran tidak pasti terhitung hari karena tergantung pada cuaca. Bila cuaca panas biasanya 5 hari pelepah pisang sudah bisa diangkut untuk dijual.

Harga jual pelepah pisang beragam tergantung panjang pendeknya pelepah. Bila pelepah panjangnya mencapai 2 meter, harga jual per seratus selembarnya adalah 20.000 rupiah. Ini berarti selembar pelepah seharga 200 rupiah. Sedangkan dalam satu batang pisang terkadang Sri mampu mengumpulkan 10 hingga 18 lembar pelepah, tergantung pada besar kecilnya dan panjang pendeknya pohon pisang.

Pelepah pisang yang berukuran dibawah satu meter pun juga memiliki nilai jual yang berbesar. Bila pelepah pendek nilai jual tidak dihitung per lembar, namun hitungannya adalah per  ikat seikat besar pelepah dihargai 15.000 hingga 20.000 tergantung kualitas kering pelepahnya.

Nilai ini dibilang lumayan karena Sri mengambil pelepah dari tetangga secara cuma-Cuma. Jadi Sri mendapatkan pohon pisang hanya bila ada yang memiliki pisang masak. Pekerjaan ini dianggap sebagai pekerjaan sampingannya selain sebagai petani dan ibu rumah tangga.

Dia mengaku menekuni pekerjaan sampingan ini sudah mulai dua tahun lalu. Setiap hasil pelepah pisang kering yang ia kumpulkan sudah cukup satu pick up maka dia menelepon agen utama untuk mengambil pelepahnya. Biasanya pelepah pisang ini digunakan untuk membungkus tembakau kering dan kerajinan tangan.




Share this article :

+ komentar + 3 komentar

8 Desember 2019 pukul 17.53

Tempat menjualnya itu dimana bu kalo boleh tau

2 Januari 2020 pukul 12.39

Jualnya dmn bu? Sy punya banyak stock

2 Januari 2020 pukul 12.39

Jualnya dmn bu? Sy punya banyak stock

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | KIM Kapuk Mekar | RTIK Bojonegoro
Copyright © 2011. KIM KAPUK MEKAR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Blogger Bojonegoro
Proudly powered by Blogger