Dari Menghutang Bisa Bantu Orang

Semakin besar pinjaman semakin besar penghasilan. Mengkin itulah kalimat yang tepat untuk sistem yang diterapkan dalam SPP dan UEP. Pasalnya semakin banyak peminjam, desa semakin diuntungkan dengan hasil limphannya. Yaitu berupa DANSOS ( Dana Sosial)

Selain pribadi peminjam yang diuntungkan dengan adanya pinjaman SPP dan UEP untuk pengembangan modal, juga para RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin) merasa terbantu. Karena makin besar nominal desa meminjam semakin besar pula pendapatan Dansosnya.

Hasil SPP dan UEP tahun 2013 dicairkan dansos pada tahun 2014 berupa kambing dan sembako. Desa Tapelan mendapakan limpahan dansos berupa 7 ekor kambing gibas betina dan 20 paket sembako yang dibagikan untuk RTSM.
Ketujuh kambing tersebut dibagikan kepada RTSM dengan sistem gilir. Yaitu apabila kambing yang dirawat sudah beranak maka anaknya untuk penerima kedua, begitu selanjutnya. Sedangkan bila ditengah jalan ada kambing yang mati maka tidak ada sanksi apapun bagi penerima. Pengawasan sistem gilir ini dibawah naungan KPMD ( Kader Pemberdaya Msyarakat Desa), ungkap Mulyono ( KPMD Tapelan).

Untuk 20 paket sembako dibagikan kepada RTSM secara langsung.  Bila yang bersangkutan sakit parah ataupun tidak bisa jalan maka paket sembako diantar petugas KPMD kerumah agar yang bersangkutan dipastikan menerima sembako.

Sumber: Edi Suranto
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | KIM Kapuk Mekar | RTIK Bojonegoro
Copyright © 2011. KIM KAPUK MEKAR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Blogger Bojonegoro
Proudly powered by Blogger